Monday, December 18, 2006

BARRY LESMANA - PRAKTISI PERBANKAN, MANTAN EKSEKUTIF CITIBANK DAN BCA

LAUNCHING ADALAH AKHIR DARI SESUATU PERSIAPAN DAN MERUPAKAN AWAL DARI SEBUAH TUJUAN YANG LEBIH BESAR
Dalam perjalanan karir Barry Lesmana selama 35 tahun di dunia perbankan, 15 tahun di antaranya dia fokuskan di bidang consumer banking. Delapan tahun ia bergabung dengan BCA dengan jabatan terakhir Consumer Banking Head, Bank Central Asia dan sisanya selama tujuh tahun di Citibank dengan jabatan Country Head, Consumer Banking ,Citibank Indonesia. Di kedua bank itulah Barry pernah mencatatkan value innovation yang membanggakan.

Konsep value innovation terdiri dari dua kata yang memiliki makna tersendiri. Bila innovation tanpa diserta value, tidak ada peningkatan nilai yang berarti.Value innovation selalu menciptakan pasar baru (new market). Banyak contoh value innovation seperti telepon seluler, Teh Botol Sosro, Aqua, mi instan yang masing-masing menciptakan pasar baru.

Value innovation yang diciptakan Barry Lesmana antara lain sistem pembayaran tagihan Telkom atau pembayaran tagihan kartu kredit Citibank melalui ATM di BCA sedangkan selama di Citibank dicetuskannya One Bill, Easy Pay, Butik ATM yang kemudian banyak ditiru bank lain bahkan diimpor Citibank untuk diterapkan di negara lain.

Dalam hal peluncuran produk baru perbankan Barry Lesmana berkenan untuk berbagi pengalaman. Menurutnya dari 10 peluncuran produk baru perbankan mungkin sekali 7 atau 8 produk diluncurkan dapat mengalami kegagalan. Mengapa? Karena kata launching terkadang menjadi antiklimaks setelah orang mengeluarkan banyak energi untuk mempersiapkan peluncuran. “Hal itu saya alami sendiri jadi bukan berdasarkan kisah dari orang lain,”Barry Lesmana memulai kisahnya. Karena apa ? Karena yang menjadi sasaran adalah kata launch. Orang-orang sudah melakukan persiapan serapi mungkin sehingga ada anggapan bahwa kalau produk sudah di-launch berarti tujuan telah tercapai.

Disitulah menurut Barry Lesmana yang menjadi permasalahan mengapa setelah produk di launching justru menjadi antiklimaks. Ada dua penyebabnya. Pertama, orang yang mengerjakannya sudah terlampau capai. Kedua, karena yang menjadi tujuan adalah launch the product bukannya selling the product yang akan menghasilkan uang.

Disamping itu, menurut Barry, ada perbedaan mendasar antara program dan movement sebagai sebuah gerakan. Program biasanya gencar diawal peluncuran tetapi kemudian mengendur dan akhirnya hilang. Sedangkan, gerakan dapat saja dilakukan secara periodik tetapi makin hari aktivitasnya makin menguat.

Barry menganalogikan suatu peluncuran sebagai sebuah program maupun sebuah gerakan. Bila dianggap sebuah program maka begitu produk sudah diluncurkan maka selesai pula tugas seseorang. Itu salah satu sebab, disamping faktor dari produknya itu sendiri, mengapa sebuah peluncuran produk mengalami kegagalan. Oleh karena itu, menurut Barry, perlu melihat launching sebuah produk sebagai suatu gerakan (movement). “Launching itu hanyalah awal dari suatu lahirnya produk. Banyak pemasar yang terjebak pada keasyikan yang terjadi pada saat launching. Ketika peristiwa itu lewat maka sudah tidak mengasyikkan lagi,” ujarnya menambahkan.

Ditegaskan Barry Lesmana lagi, “Launching adalah akhir dari sesuatu dan merupakan awal dari sesuatu yang lebih besar dan yang lebih penting lagi. Launching adalah akhir dari sesuatu persiapan tetapi merupakan awal dari suatu tujuan yang lebih besar,” ujarnya.

Lalu syarat apa saja yang diperlukan sebelum meluncurkan suatu produk baru? Kunci utamanya adalah menciptakan customer value. Kalau produk tidak memberikan value kepada customer maka produk itu bukanlah apa-apa sekalipun diluncurkan di tempat yang megah seperti Jakarta Convention Center, dimuat secara besar-besaran di surat kabar, diiklankan secara gencar di televisi.

Kalau begitu apa bedanya customer value dan value innovation? Selama customer value tidak membuat produk jauh lebih unggul dan berbeda dibandingkan pesaing (stand out and differentiate) maka produk itu belum mencapai taraf value innovation. Misalnya, produk tersebut hanya unggul 5 persen atau 10 persen dibandingkan pesaing maka produk itu tidak termasuk sebagai value innovation. Sebaliknya, sekalipun produk tersebut memiliki inovasi yang berlebihan tetapi orang tidak mau memakainya berarti inovasi tersebut belum menghasilkan value. Banyak inovasi tidak bekerja karena berbagai sebab seperti terlalu futuristik, terlalu tinggi teknologinya, terlalu canggih, tidak user friendly, tidak memenuhi kebutuhan karena prematur pasarnya dan masih banyak lagi. Inovasi tidak ada maknanya bila tidak memiliki value.”Sebab value innovation merupakan suatu lompatan jauh ke depan (leap frog) yang umumnya akan menciptakan pasar baru (create new market),” tandas Barry.

Gagasan value inovation menurut Barry dapat berasal dari mana saja tetapi umumnya berawal dari sebuah masalah.”Masalah dan peluang sebenarnya merupakan dua sisi mata uang,” katanya.

Masalah timbul ketika Barry Lesmana menyaksikan penderitaan istrinya dari bulan ke bulan ketika harus membayar tagihan telepon. Di sebuah konter bank istrinya harus mengantri panjang sekali terkadang hingga memakan waktu dua jam. Begitu panjang antrian tidak jarang ada yang menawarkan jasa joki di sana.

Karena tidak tahu harus membayar berapa, uang yang dibawa istrinya adalah sebesar tagihan bulan lalu. Malang tidak dapat ditolak, ketika sudah berhadapan dengan dengan kasir dan nomor rekening tagihan disebutkan ternyata jumlah tagihan lebih besar dan uang yang dibawa kurang. Apa artinya? Istri Barry terpaksa harus pulang ke rumah dengan tangan hampa dan esok harinya harus mengantri lagi dengan membawa uang dengan jumlah yang diminta. Hal itu menimbulkan trauma berkepanjangan.

Akibatnya pada bulan berikutnya agar tidak harus balik lagi ke rumah maka dibawanya uang sebanyak-banyaknya. Tentu saja membawa uang banyak selain tidak aman juga berisiko. Berdasarkan kesulitan yang dialami istrinya itulah maka Barry berusaha menciptakan peluang untuk memberikan customer value.

Bagaimana caranya? Di dunia ini pada waktu ia masih menjabat sebagai Consumer Banking Head, Bank Central Asia tidak ada orang yang membayar tagihan telepon menggunakan kartu ATM. Lalu, Barry berimajinasi seandainya ia bisa menggunakan kartu ATM kapan saja untuk membayar tagihan telepon. Misalnya, pada sore atau malam hari kita masukkan nomor telepon # 6697097, kemudian keluar tagihan di layar ATM sebesar Rp 150 ribu. Lalu ia tinggal menekan tombol Yes. Otomatis rekening tabungannya langsung dipotong dan dimasukkan ke rekening Telkom. Urusan pembayaran tagihan telepon bulanan pun menjadi beres. Selain itu, solusi tersebut akan membuat Telkom dan konsumen senang.

Barry kemudian berbicara dulu dengan bagian dapur teknologi. Secara teknis logika hal itu pasti dapat terwujud karena hanya masalah debet kredit saja. Kemudian, ide tersebut diusulkan ke Telkom. Setelah berusaha ke sana kemari akhirnya setelah 24 bulan baru bisa terealisasi. Itu pun belum sempurna karena baru semi-online. Di Telkom, yang membantu adalah Pak Dadat Kustiwa, Direktur Operasional Telkom saat itu.

Jadi menurut Barry Lesmana semua berawal dari sebuah gagasan. Apakah gagasan itu memberikan customer value atau tidak? Does it bring customer value? Bila ya, pertanyaan selanjutnya adalah “How many or how much?”

Masih mengenai pengalaman Barry ketika bekerja di BCA. Ketika itu ia melihat permasalahan dalam pembayaran kartu kredit Citibank. Saat itu ada teman yang mengeluh untuk membayar tagihan kartu kredit Citibank ia harus mengantri panjang dan sesudah itu masih dikenai ongkos Rp 5.000. Itu yang menjadi pemicu baginya untuk menciptakan customer value. Karena memiliki banyak kenalan di Citibank, Barry menawarkan untuk menyediakan 2000 ATM agar pemegang kartu kredit Citibank dapat membayar tagihan kartu kredit melalui mesin tersebut. Berapa lama negosiasi dengan Citibank? Barry membutuhkan waktu 18 bulan dari awal hingga realisasi.” Tak mudah memang,” ujarnya.

Jadi, seperti itulah value innovation, yang diciptakan untuk memberikan kemudahan kepada customer. Citibank diuntungkan langsung menerima uang dari pemegang kartu kredit. Sementara, bagi BCA reputasinya semakin berkibar karena setiap orang yang ingin mendapatkan kemudahan membayar kartu kredit Citibank di ATM BCA harus membuka dulu rekening di BCA.

Pemasangan ATM oleh BCA pada waktu itu dimaksudkan untuk mengatasi masalah antrian cabang yang panjang. Sebab nasabah yang datang ke BCA terus membeludak. Pemasangan ATM juga untuk membantu menyelesaikan masalah operasional di cabang-cabang. Jadi sekalipun dibandingkan dengan negara lain pemasangan ATM di Indonesia mungkin sudah terlambat lebih dari 15 tahun tetapi BCA sudah mulai mendidik konsumen untuk mengambil uang melalui ATM. Sebab dibalik itu bagi BCA ada kepentingan bisnisnya. Kalau tetap terjadi antrian panjang di cabang maka nasabah yang semula hanya membutuhkan dana Rp 500.000 terpaksa mengambil Rp 2 juta supaya tidak perlu antri lagi. Bila hal itu dibiarkan maka deposit di bank akan turun.

Barry menuturkan ketika pertama kali diwacanakan pemasangan banyak mesin ATM terjadi penentangan di internal BCA. “Jangan pasang ATM banyak-banyak nanti orang gampang mengambil uang sehingga saldo turun,” ujar kalangan internal di BCA. Logika nasabah justru sebaliknya. Dengan kemudahan dan ketersediaan ATM di mana-mana maka masyarakat hanya mengambil uang di ATM secukupnya saja. Daya tarik BCA pun semakin meningkat sehingga mendorong orang berbondong-bondong pindah ke bank tersebut.

Hal itulah menurut Barry Lesmana yang membedakan consumer goods dengan consumer banking. Sehingga banyak ahli consumer goods yang pindah ke consumer banking merasa tidak tahan. Karena proses di belakang jasa perbankan banyak sekali. “Memasang ATM adalah soal membeli mesin tetapi di belakang itu masih banyak masalah lainnya. Bagaimana piranti lunaknya, bagaimana agar mesin tidak asal tekan mati, bagaimana pula investasi perusahaan? Bagaimana mencari lokasi yang tepat? Bagaimana pula masalah branding?,” Barry Lesmana menjelaskan.

Adalah sesuatu yang menyesatkan bila berpikir launching produk hanya soal pasang iklan di televisi saja. “Pasang iklan bukan tujuan tetapi hanya salah satu tujuan. Selain itu, pemasar tidak harus memasang iklan karena hal itu tergantung pada sasaran pasar dan strategi komunikasinya,” tandas Barry.

Iklan mungkin berisi pengumuman. Tetapi yang paling penting adalah bagaimana hal itu dapat membuat orang mencoba sekaligus mengubah kebiasaan. Selama dalam proses mencoba itu (trial) harus menghasilkan pengalaman yang menyenangkan (good experience). Banyak produk yang gagal karena ketika dicoba dalam kondisi tidak siap pakai, ada yang mengalami kemacetan dan dalam kondisi cacat. Akibatnya konsumen kapok dan enggan untuk mencoba lagi.

Dengan proses edukasi yang baik masyarakat mulai berani mencoba ATM untuk pertama kalinya. Bagi kaum berdasi pengalaman pertama berhadapan dengan mesin berteknologi tinggi cukup mengerikan. Mereka takut dikatakan termasuk kalangan “gatek” atau gagap tekenologi. Tetapi, setelah mencoba dan merasakan kemudahan ATM BCA mereka umumnya berkomentar, Oh …ternyata enak ya .”Try for the first time harus menghasilkan pleasant experience supaya konsumen tidak mengalami trauma. When the first experience is not a good one maka hal itu dapat mengantar pada kegagalan,” tuturnya.

Sesudah launching pekerjaan yang harus dilakukan masih panjang sekali. Begitu produk sudah di-launching maka proses selanjutnya adalah sosialisasi. Proses sosialisasi adalah proses penjualan atau selling. “Sosialisasi dan edukasi adalah dua kata yang sering disebut-sebut tetapi umumnya tidak dilakukan dengan baik dan benar,” kata Barry.

Salah satu yang menyumbang bagi kegagalan produk adalah sikap terburu-buru karena dikejar tenggat waktu. Hal itu dialami Barry Lesmana ketika sebagai Country Head, Consumer Banking di Citibank Indonesia meluncurkan produk Ready Cash Citibank. Secara konsep namanya bagus yang berarti menyediakan uang tunai bagi nasabah kapan saja. Demikian pula kalimat promosinya indah yang berbunyi,“Dompet tipis, datang kemari …” Dipandang dari sudut customer value juga menjanjikan karena produk tersebut menyediakan pinjaman bagi konsumen yang membutuhkan. Prosesnya seperti memberikan overdraft tetapi tidak dilengkapi buku cek. Bagi pedagang atau pengusaha praktik tersebut sudah lazim.

Karena gagal maka produk Ready Cash dikemas ulang dan didiferensiasi menjadi program Personal Loan yakni sebuah produk pinjaman sederhana dengan cicilan tetap dan tanpa jaminan.

Sedangkan, produk Eazy Pay yang disiapkan dengan baik membuahkan hasil yang luar biasa. Mengapa? Karena Citibank berhasil melihat adanya kebutuhan konsumen terhadap barang-barang sekunder yang umumnya produk elektronik seperti ponsel, kamera digital, televisi, kulkas dan sebagainya. Barang sekunder memiliki sifat bila ada menyenangkan tetapi bila tidak ada tidak menimbulkan masalah.

Pemegang kartu kredit Citibank umumnya adalah orang-orang yang memiliki tabungan. Bila mereka harus membeli barang seharga Rp 5 juta tunai maka tabungan mereka akan menipis. Eazy Pay memberikan peluang untuk memiliki barang dengan cara cicilan dengan prosedur yang cepat dan mudah asal masih dalam batas limit kredit maksimum pemegang kartu. Kalau pun ada yang menyediakan kredit selain prosesnya berbelit-belit , pemohon masih harus diminta untuk mengisi formulir terlebih dahulu. Sudah begitu persetujuannya biasanya memakan waktu yang lama. Berbeda dengan Eazy Pay yang bersifat instant approval dengan lama cicilan 12 bulan atau 24 bulan.”Itu powerful sekali,” ujar pria yang kini memimpin Ilead Consulting itu.

Barry Lesmana juga dikenal sebagai turnaround manager yang mampu mengubah kinerja perusahaan dari kondisi terpuruk menjadi bagus kembali. Ketika ia mendirikan divisi customer banking di BCA tahun 1990 bank tersebut belum memiliki satu buah ATM pun. Demikian pula ketika ia bergabung ke Citibank pada 1998 bank tersebut sedang mengalami krisis keuangan sebagai dampak krisis moneter yang melanda Indonesia. Bisnis kartu kredit yang semula memberikan kontribusi 90 persen bagi pendapatan Citibank pada 1998 mengalami kerugian. Pertama, ketika deposito menawarkan bunga lebih dari 60 persen maka bunga kartu kredit hanya dinaikkan dari 36 persen menjadi 42 persen. Kedua, orang yang biasa menggunakan kartu kredit pada saat krisis moneter tidak menggunakan kartunya. Ketiga, banyak pemegang kartu kredit yang tidak mampu membayar karena terkena PHK.

Kondisi tersebut membuat Barry Lesmana membangun divisi consumer banking Citibank dari nol lagi. Pada kuartal I, II dan III di tahun 1999 kondisi Citibank masih merugi. Kondisi baru mulai pulih pada kuartal IV tahun 1999.

Tantangan kemudian datang lagi berupa comoditization kartu kredit. Pada waktu itu banyak bank lain yang mengeluarkan kartu kredit Visa dengan tawaran iuran tahunan yang lebih murah. Dalam hal komoditas maka yang menentukan adalah harga. Citibank tentu tidak akan menawarkan jasanya dengan harga murah sehingga perlu upaya baru untuk mensiasati komoditisasi tersebut. Caranya?


Barry Lesmana mengeluarkan jurus pembeda (differentiation) dengan tajuk ”Kartu Citibank lebih dari sekadar kartu kredit”. Itu yang membedakan Citibank Visa dengan kartu-kartu kredit lainnya. Dengan memberikan lebih banyak customer value dan lebih banyak kemudahan ternyata kartu Citibank Visa menjadi lebih unggul. Bentuk pembedanya antara lain berupa tawaran Eazy Pay, Personal Loan, One Bill, Makan 3 gratis 1 dan masih banyak lagi.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk peluncuran sebuah produk hingga menuai sukses di pasar? Menurut Barry Lesmana setiap produk memiliki karakter tersendiri. Produk pembayaran telkom melalui ATM BCA membutuhkan waktu untuk mengubah kebiasaan konsumen dari antri di loket ke bayar langsung melalui ATM. “Perilakunya bersifat tipping point seperti wabah. Kita membutuhkan waktu setahun untuk mendidik konsumen. Tahun kedua kondisinya sudah gila-gilaan,” ujar Barry. Semua bergantung pada sifat value yang disuguhkan serta antisipasi untuk program sosialisasi dan edukasinya. Eazy Pay Citibank langsung mengalami boom karena bersamaan dengan munculnya kebutuhan terhadap kredit cicilan tetap. Sementara, One Bill Citibank membutuhkan waktu karena perlu mengubah kebiasaan konsumen terlebih dahulu.

Mendengarkan kisah dari Barry Lesmana maka kita pantas terpesona karena launching financial product yang tampaknya begitu sulit ternyata pada intinya sangat sederhana sekali. Very Common Sense. Terimakasih Barry Lesmana atas kontribusinya yang amat berharga ini. ***

37 comments:

Anonymous said...

Halo Setiap tubuh,

Nama saya adalah Ibu Monica Roland. Saya tinggal di London Inggris dan saya seorang wanita senang hari ini? dan saya mengatakan kepada diri saya bahwa setiap pemberi pinjaman yang menyelamatkan keluarga saya dari situasi kita miskin, saya akan merujuk setiap orang yang mencari pinjaman kepadanya, dia memberi saya kebahagiaan bagi saya dan keluarga saya, saya sedang membutuhkan pinjaman sebesar $ 250,000.00 untuk memulai hidup saya seluruh karena saya seorang ibu tunggal dengan 3 anak-anak saya bertemu takut orang yang jujur dan ALLAH pemberi pinjaman yang membantu saya dengan pinjaman Dolar AS $ 250.000,00, ia adalah seorang ALLAH takut, jika Anda membutuhkan pinjaman dan Anda akan membayar kembali pinjaman silahkan menghubungi dia katakan padanya bahwa Ibu Monica Roland yang merujuk Anda kepadanya. hubungi Mr Mr James Tulang melalui email: (bestloansfinance02@gmail.com)

Anonymous said...

Apakah Anda perlu mendesak / legit pinjaman? jika ya email kami di: johnsonleehelpfund@qq.com dengan informasi berikut,

Nama Lengkap
jumlah
lamanya
Nomor Telepon
negara

ROD ALFRED said...

Halo

Nama saya adalah Mr Berry Andrews, Saya seorang pemberi pinjaman terdaftar dan legit saya memberikan pinjaman sebesar 3%, saya pemberi pinjaman yang selalu menjaga dia karena saya memberikan pinjaman dari segala jenis.

Apa jenis pinjaman yang Anda butuhkan, hanya menyebut mereka, kami akan selalu siap untuk memberikan kepada Anda.

Apakah Anda membutuhkan pinjaman untuk investasi bisnis baru Anda? atau Anda membutuhkan pinjaman pribadi untuk mengurus keluarga atau diri Anda sendiri? apa jenis pinjaman yang Anda butuhkan? menyebutkan mereka melalui e-mail, dan kredit Anda akan ramah disediakan ke depan pintu Anda segera setelah Anda inginkan.

Jadi, jika Anda benar-benar tertarik pinjaman, hubungi saya melalui alamat email saya di berryandrews@outlook.com.

Dapatkan kembali ke saya jika Anda benar-benar membutuhkan pinjaman ini.

sungguh-sungguh

Mr Berry Andrews.

Unknown said...

Halo, saya Mr perry, pemberi pinjaman pinjaman swasta yang
memberikan pinjaman kesempatan waktu hidup.
Apakah Anda memerlukan pinjaman mendesak untuk melunasi hutang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman
untuk meningkatkan bisnis Anda?
Anda telah ditolak oleh
bank dan lembaga keuangan lainnya?
Apakah Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek?
cari lagi karena kita di sini untuk membuat semua hal masalah keuangan Anda
masa lalu. Kami meminjamkan uang kepada orang-orang
membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang
untuk membayar tagihan, berinvestasi pada bisnis pada tingkat 2%. Saya ingin menggunakan ini
media untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan bantuan handal dan penerima dan
akan bersedia untuk menawarkan loan.So hubungi kami hari ini melalui email:
perryclementloan@gmail.com data PEMINJAM 'S
  1) Nama Lengkap: ..... ........................................ ..........
  2) Negara: .............................................. .............
  3) Alamat: ................................. ............. ............
  4) Negara: ..................... ......................... ................
  5) Jenis Kelamin: ..... ......................................... ......... .........
  6) Status Pernikahan: .................................... ......... ....
  7) Pekerjaan: ................................. ............. .......
  8) Nomor Telepon: ......................... .................... ...
  9) Posisi Saat ini di tempat kerja: .................. ...
  10) Pendapatan Bulanan: .......................................... ...
  11) Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: .....................................
  12) Pinjaman Jangka waktu: ............................................. ...
  13) Tujuan Pinjaman: ............................................
  14) Agama: .............................................. . .........
  15) Apakah Anda menerapkan sebelum .................................
  Terima kasih, mr. perry

Unknown said...

SELAMAT DATANG JP MORGAN PINJAMAN PERUSAHAAN!
Apakah Anda Membutuhkan Pinjaman sebuah? Apakah Anda perlu Uang
untuk memulai bisnis Anda sendiri Kami Dapat Bantuan Anda
memulai hidup baru hari ini, kami akan membantu anda untuk mengisi
kesenjangan keuangan dengan cepat sehingga Anda bisa mendapatkan
ketenangan pikiran dan kembali ke kehidupan sehari-hari Anda
tanpa harus stres atas uang menerbitkan lagi.
Ratusan orang beralih ke kita sehari-hari
ketika mereka berada dalam kebutuhan, karena kami dapat membantu.
HUBUNGI KAMI HARI INI:
jpmorganpublicloanoffer@gmail.com

Unknown said...

Halo untuk Anda semua !! Saya tidak hanya di sini untuk bersaksi, saya di sini untuk langsung semua pencari pinjaman untuk Wanita Allah. Saya seorang Muslim yang telah sekali mengaku bahwa beberapa orang Kristen dilahirkan dengan hati yang baik, dan Mrs Ohanna Israel, Afrika, Wanita Menikah dengan seorang Manusia Indonesia adalah Lender Pinjaman sah.
Saya penerima dua kali, dan saya akan menyenangkan mohon Anda semua untuk menghentikan semua transaksi pinjaman sekarang dan mencapai Mrs. Ohanna melalui dirinya Email Ohannaisraeloanfirm@gmail.com.
Pada awalnya saya diajarkan itu hanya seorang pencuri biasa karena mereka semua berada di Internet tetapi untuk mengejutkan terbesar saya, mimpi saya menjadi kenyataan.
Saya Ibu Hellen Wibawa, pemilik swasta rumah Beras ware, semua berkat Bu Ohanna, semoga Allah memberkati dia kaya dan keluarganya.
Hubungi saya untuk alasan yang sangat penting dan tidak untuk bertanya apakah saya mengatakan kebenaran. Saya tidak di sini untuk mengoceh atau bercerita, saya tidak akan menggunakan waktu berharga saya untuk datang ke internet dan membuat diriku sendiri saya.
getyoureasyloan@gmail.com Semoga Allah bersama Anda semua.

Unknown said...

Pinjaman dari $ 10.000 - $ 25.000 atau lebih
Aplikasi 24/7 Pengolahan
Suku bunga yang lebih rendah
Pinjaman untuk Alasan APAPUN
Pinjaman untuk memenuhi kebutuhan Anda & sesuai anggaran Anda
Tidak ada jaminan, tidak ada masalah.
Kepailitan adalah TIDAK masalah!
Hubungi Email-loan.standardchatterdbank@gmail.com
Terapkan Sekarang

Unknown said...

Pinjaman dari $ 10.000 - $ 25.000 atau lebih
Aplikasi 24/7 Pengolahan
Suku bunga yang lebih rendah
Pinjaman untuk Alasan APAPUN
Pinjaman untuk memenuhi kebutuhan Anda & sesuai anggaran Anda
Tidak ada jaminan, tidak ada masalah.
Kepailitan adalah TIDAK masalah!
Hubungi Email-loan.standardchatterdbank@gmail.com
Terapkan Sekarang

Unknown said...

Pinjaman dari $ 10.000 - $ 25.000 atau lebih
Aplikasi 24/7 Pengolahan
Suku bunga yang lebih rendah
Pinjaman untuk Alasan APAPUN
Pinjaman untuk memenuhi kebutuhan Anda & sesuai anggaran Anda
Tidak ada jaminan, tidak ada masalah.
Kepailitan adalah TIDAK masalah!
Hubungi Email-loan.standardchatterdbank@gmail.com
Terapkan Sekarang......

Unknown said...

Halo Semua,
Apakah Anda mencari pinjaman untuk memulai bisnis Anda atau di mana Anda menolak untuk memberikan pinjaman, atau Anda dalam utang atau yang Anda ditolak oleh bank untuk pinjaman, biaya untuk menghubungi saya sekarang dan mendapatkan pinjaman hari ini dari perusahaan kami tanpa agunan a. selama bertahun-tahun sekarang kami telah mengembangkan bantuan dan kesempatan untuk bantuan dari orang-orang seperti Anda yang membutuhkan untuk menjadi sukses dalam hidup Anda. dan saya juga ingin memberitahu Anda bahwa Anda selalu menyambut untuk perusahaan kami dan kami bekerja dengan kepercayaan dan iman dalam Tuhan, jadi jika Anda adalah orang yang yang membutuhkan semua bantuan ini, saya akan seperti Anda untuk menghubungi saya hari ini melalui sarahahmad. loanfirm@gmail.com

Unknown said...

Pinjaman dari $ 10.000 - $ 25.000 atau lebih
Aplikasi 24/7 Pengolahan
Suku bunga yang lebih rendah
Pinjaman untuk Alasan APAPUN
Pinjaman untuk memenuhi kebutuhan Anda & sesuai anggaran Anda
Tidak ada jaminan, tidak ada masalah.
Kepailitan adalah TIDAK masalah!
Hubungi Email-loan.standardchatterdbank@gmail.com
Terapkan Sekarang

Mary Cole said...

Semoga damai Tuhan bersama Anda.
Apakah Anda seorang pengusaha atau wanita? Apakah Anda dalam setiap
Stres keuangan atau apakah Anda perlu dana untuk memulai.
Bisnis Anda sendiri?
A) ekspansi bisnis Pinjaman pribadi.
B) start-up bisnis dan pendidikan.
C) Hutang Konsolidasi
Nama: ..........................................
Negara: .........................................
Lokasi: ..........................................
Status: .......................................
Jenis Kelamin: ................................................ ...
Umur ................................................. ....
Jumlah pinjaman yang dibutuhkan: .........................
Durasi Pinjaman: ...................................
Nomor ponsel pribadi: .......................
bulanan
Penghasilan: .....................................
Terima kasih dan Tuhan memberkati.
Email: marycoleloanscompany3@gmail.com

Mary Cole said...

Semoga damai Tuhan bersama Anda.
Apakah Anda seorang pengusaha atau wanita? Apakah Anda dalam setiap
Stres keuangan atau apakah Anda perlu dana untuk memulai.
Bisnis Anda sendiri?
A) ekspansi bisnis Pinjaman pribadi.
B) start-up bisnis dan pendidikan.
C) Hutang Konsolidasi
Nama: ..........................................
Negara: .........................................
Lokasi: ..........................................
Status: .......................................
Jenis Kelamin: ................................................ ...
Umur ................................................. ....
Jumlah pinjaman yang dibutuhkan: .........................
Durasi Pinjaman: ...................................
Nomor ponsel pribadi: .......................
bulanan
Penghasilan: .....................................
Terima kasih dan Tuhan memberkati.
Email: marycoleloanscompany3@gmail.com

Unknown said...

BEWARE OF LOAN SCAMS ONLINE. Are you seeking for a legitimate and trusted Finance/Lender? Beware of many lender from West Africa, Singapore and India. I am Williams Burke, a British Citizen currently residing in Bulgaria; am 52 years of age. I want to use this medium to inform everyone here about my encounter with a reliable/trusted loan lender. I have been scammed by other fake lenders and was hopeless and didn't know who to trust, until I contacted DAVID HERLEY FINANCE HOME loated in USA and they did carried out their promises by putting a great smile on my face at my greatest surprise by sending me the loan that I did applied for. Anyone of you that have also been a victim of scam, you should bother no more because, I have bring you good news and the only lender you can trust here is DAVID HERLEY FINANCE HOME, just contact them now via email: { loans@dherleyfinancehome.net } or Tel: +13213231809 & Skype: dherleyfinance for more information on how to get a loan from them.

Unknown said...

Halo, saya Ibu Heather Putih, sebuah perusahaan pinjaman pinjaman pribadi. Kami sedang dan mengkhususkan diri dalam memberikan sebuah akhir pinjaman tahun, pinjaman Natal, pinjaman tahun baru bagi Anda untuk membayar setiap pinjaman koperasi yang Anda sedang sekarang kita memberikan pinjaman kesempatan seumur hidup bagi Anda untuk membayar tagihan Anda dan utang pribadi dan Anda memiliki bisnis. pinjaman yang diberikan kepada individu dan perusahaan pada tingkat bunga yang sangat rendah dari 2%. Jadi hubungi kami hari ini melalui email: (qualityloanfirms@asia.com)
(heatherwhiteloanltd@gmail.com). Datang dan pengalaman perbedaan dalam layanan kami.

fatma said...

Halo, nama saya Fatma. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah scammed oleh beberapa lender online. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Mrs. Theresa meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari ($ 100.000) Rp1,360,625,000.00 (1,3 miliar) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah i diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi dia melalui email: Theresaloancompany@gmail.com
Anda juga dapat menghubungi saya di email saya feyzilfatma@gmail.com.
Sekarang, semua yang saya lakukan adalah mencoba untuk bertemu dengan pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening bulanan.

Sandra Ovia Loan Firm said...

Halo, aku Mrs. Sandra Ovia, pemberi pinjaman uang pribadi, apakah Anda dalam utang? Anda perlu dorongan keuangan? Pinjaman untuk merencanakan untuk tahun baru, untuk bertemu dengan tagihan Anda, memperluas bisnis Anda di tahun ini dan juga untuk renovasi rumah Anda. Aku memberikan pinjaman kepada perusahaan lokal, internasional dan juga pada tingkat bunga yang sangat rendah dari 2%. Anda dapat menghubungi kami melalui Email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)
Anda dipersilakan untuk perusahaan pinjaman kami dan kami akan memberikan yang terbaik dari layanan kami.

Widya Okta said...

Aku Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya Rp900,000,000 dari SANDRAOVIALOANFIRM sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui SANDRAOVIALOANFIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak SANDRAOVIALOANFIRM. menghubungi mereka melalui email:. (Sandraovialoanfirm@gmail.com)
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (widyaokta750@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

Dr Purva Pius said...

Hello Everybody,
My name is Mrs Sharon Sim. I live in Singapore and i am a happy woman today? and i told my self that any lender that rescue my family from our poor situation, i will refer any person that is looking for loan to him, he gave me happiness to me and my family, i was in need of a loan of S$250,000.00 to start my life all over as i am a single mother with 3 kids I met this honest and GOD fearing man loan lender that help me with a loan of S$250,000.00 SG. Dollar, he is a GOD fearing man, if you are in need of loan and you will pay back the loan please contact him tell him that is Mrs Sharon, that refer you to him. contact Dr Purva Pius,via email:(urgentloan22@gmail.com) Thank you.

BORROWERS APPLICATION DETAILS


1. Name Of Applicant in Full:……..
2. Telephone Numbers:……….
3. Address and Location:…….
4. Amount in request………..
5. Repayment Period:………..
6. Purpose Of Loan………….
7. country…………………
8. phone…………………..
9. occupation………………
10.age/sex…………………
11.Monthly Income…………..
12.Email……………..

Regards.
Managements
Email Kindly Contact: urgentloan22@gmail.com

Widya Okta said...

Aku Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman dapat diandalkan yang SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya Rp900,000,000 dari SANDRAOVIALOANFIRM sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui SANDRAOVIALOANFIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak SANDRAOVIALOANFIRM. menghubungi mereka melalui email:. (Sandraovialoanfirm@gmail.com)
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (widyaokta750@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

Indriaty Manirjo said...

Aku indriaty manirjo, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. Saya mendapat pinjaman saya Rp850,000,000 dari MAGRETSPENCERLOANCOMPANY sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui MAGRETSPENCERLOANCOMPANY dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. menghubungi mereka melalui email:. (magretspencerloancompany@gmail.com)
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (indriatymanirjo010@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

Unknown said...

Selamat Datang Untuk JAMINAN KUALITAS KREDIT TERBATAS A Personalized Service untuk Semua Kebutuhan Keuangan Anda)
Penyedia Penawaran Kredit pada tingkat bunga yang sangat rendah dari 2%, kami menawarkan pinjaman pribadi, hutang konsolidasi pinjaman, Venture
Modal, Kredit Usaha, Kredit Pendidikan, Loan Home, dan Pinjaman untuk alasan dan kebutuhan mendesak !. Apakah Anda pernah ditolak
oleh bank Anda? Apakah Anda memiliki kredit yang buruk? Apakah Anda memiliki tagihan yang belum dibayar? Apakah Anda dalam utang Apakah Anda perlu mengatur bisnis? Tidak khawatir lagi karena kami di sini untuk menawarkan pinjaman bunga rendah. pinjaman berkisar kami dari $ 2.000 USD (DUA Ribuan dollar AS ke atas}. Kami juga meminjamkan di USA DOLAR EURO dan POUND !! Jika Anda
tertarik mengisi rincian di bawah ini dan jangan ragu untuk menghubungi kami melalui
Email: (Qualityassuranceloan6@gmail.com)

PINJAMAN FORMULIR

INFORMASI PRIBADI
Nama lengkap……………………….
Jumlah Pinjaman Dibutuhkan ........................
Lamanya…………………………………
Gender ... ..................................
Agama: .................................
Provinsi / Negara: ..................................
Kota .. .....................................
Negara…………….
Usia……………………
Kontak Alamat;… ………………………
Pekerjaan: ....................................... ..
Pendapatan bulanan ……………….
Nomor ponsel :……………………
Tujuan Dari Pinjaman: ...............................
Apakah Anda menerapkan sebelum {ya atau tidak} ............... ..
Semoga berhasil
Terima kasih dan Salam

Sulis Susanti said...

Halo, nama saya Sulis Susanti dari Indonesia, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu.
Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, aku jatuh korban penipuan oleh beberapa perusahaan pinjaman online, karena saya perlu sebuah perusahaan pinjaman yang jujur.

Aku hampir menyerah, tidak sampai saya mencari nasihat dari seorang teman yang kemudian mengarahkan saya untuk pemberi pinjaman pinjaman yang sangat handal JOY WILSON LOAN FIRM, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari 750 juta rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres pada tingkat bunga rendah dari 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres.

Saya ingin Anda yakin dan percaya diri bahwa ini adalah asli karena saya memiliki semua bukti pengolahan pinjaman ini termasuk kartu id, dokumen perjanjian pinjaman dan semua kertas kerja. Saya percaya Ibu Joy Wilson sepenuh hati karena dia telah benar-benar membantu dalam hidup saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi perusahaan melalui email: (joywilsonloanfirm@gmail.com)
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (sulissusanti971@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman

Unknown said...

,,.,KISAH NYATA ,,,,,,,
Aslamu alaikum wr wb..Allahu Akbar, Allahu akbar, Allahu akbar
Bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki, namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang, hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yng saya punya, akhirnya saya menaggung utang ke pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 800 juta , saya stress dan hamper bunuh diri anak saya 2 orng masih sekolah di smp dan sma, istri saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anakanaknya ditengah tagihan utang yg menumpuk, demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue, ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman dan bercerita kepadanya, Alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya, dulu katanya dia juga seperti saya stelah bergabung dengan KI JAMBRONG hidupnya kembali sukses, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir dan melihat langsung hasilnya, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KI JAMBRONG di No 0853-1712-1219. Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah Demi AllAH dan anak saya, akhirnya 5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kini saya kembali sukses terimaksih KI JAMBRONG saya tidak akan melupakan jasa AKI. JIKA TEMAN TEMAN BERMINAT, YAKIN DAN PERCAYA INSYA ALLAH, SAYA SUDAH BUKTIKAN DEMI ALLAH SILAHKAN HUB KI JAMBRONG DI 0853-1712-1219. (TANPA TUMBAL/AMAN).

Unknown said...

Halo,

menawarkan pinjaman di sini, Anda tertarik? menerapkan now..Via e-mail: livingfountain.credit@yahoo.com
Apakah Anda pernah ditolak oleh bank Anda? Apakah Anda memiliki kartu kredit yang buruk?
Apakah Anda memiliki tagihan yang belum dibayar? Apakah Anda dalam utang?
Apakah Anda perlu mengatur bisnis?
Apakah Anda Membutuhkan Pinjaman?

Kami memiliki 2% Suku Bunga Kredit Untuk Anda,
Dan berbagai pinjaman dari $ 1000 usd untuk $ 50.000.000,00 usd.

Hubungi Mr Clark williams Via e-mail: livingfountain.credit@yahoo.com

Informasi Kebutuhan adalah:
1. Nama Lengkap: .........
2. Kontak Alamat: ......
3. Negara / Kota: ...........
4. Negara: .........
5. Jumlah Dibutuhkan: ..............
6. Durasi Pinjaman: ..........
7. Telepon No: ..........
8. Bulanan Menerima: ...........
  
Hubungi Mr Clark williams
     Melalui e-mail: livingfountain.credit@yahoo.com

     Salam,

   Mr. clark Williams
         MD / CEO

Unknown said...

Hi Saya Mr Jerry Carl kreditur pinjaman pribadi, dan aku di sini untuk membuat impian Anda menjadi kenyataan untuk mendapatkan pinjaman. Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak? Apakah Anda membutuhkan pinjaman untuk melunasi utang Anda? Apakah Anda membutuhkan pinjaman untuk ekspansi bisnis Anda atau memulai bisnis Anda sendiri, kami di sini untuk Anda dengan tingkat bunga rendah dari 2% dan Anda bisa mendapatkan kredit dari $ 5.000 hingga $ 100.000.000,00 jumlah pinjaman maksimum dan durasi pinjaman hingga 30 tahun . silahkan hubungi kami di alamat email kami jerrycarl021@gmail.com

loan firm said...

APAKAH ANDA MEMBUTUHKAN KREDIT ?? JIKA YA HUBUNGI KAMI VIA EM AIL: JOHNSONBYRONLOANFIRM@GMAIL.COM UNTUK INFORMASI LEBIH.
Kami sedang memberikan keluar pinjaman kepada individu tertarik dan companies.Have Anda ditolak dari pinjaman oleh bank karena nilai kredit yang buruk atau Anda telah mencoba dan tidak berhasil, atau Anda perlu untuk memulai usaha tetapi secara finansial bawah, berlaku untuk Pinjaman sekarang di 4% mengaplikasikan Semua Aplikasi harus diteruskan ke JOHNSONBYRONLOANFIRM@GMAIL.COM

Unknown said...

Apakah Anda mencari pinjaman investasi, kredit mobil, pinjaman mahasiswa, pinjaman untuk penyelesaian utang dan pinjaman pribadi? Mencari lagi karena Anda berada di tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda di sini! kami memberikan pinjaman kepada perusahaan, badan swasta dan individu pada tingkat bunga rendah dan terjangkau dari 2%. Anda dapat menghubungi kami melalui e-mail melalui: (marianbenson306@gmail.com)

APLIKASI DATA
1) Nama ...........................
2) Negara .......................
3) Alamat ......................
4) Jenis Kelamin ........................
5) Status perkawinan .............
6) Pekerjaan ................
7) Nomor Telepon ...........
8) posisi di tempat kerja .....
9) pendapatan bulanan ....................
10) dibutuhkan jumlah pinjaman .........
11) durasi pinjaman .....
12) Tujuan pinjaman ..................
13) Tanggal Lahir ........................

Terima kasih.

WAHYUNI ELVIN said...

Hello semua orang yang melihat ini di seluruh dunia, ada banyak scammers di situs ini, aku punya kabar baik untuk berbagi. silahkan bergabung dengan saya untuk menjadi bahagia dan berterima kasih kepada perusahaan pinjaman. Aku baru saja pinjaman dari ELINA JOHNSON PINJAMAN PERUSAHAAN sah. Ini adalah bagaimana saya mendapat kontak mereka. Aku melihat kesaksian Mrs Nuliana Novi Indonesia di forum ini tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari mereka dan dia memberi mereka sebuah email kepada semua orang "elinajohnson22@gmail.com" jadi saya segera email mereka dan mereka menanggapi email saya, Jujur, pada awalnya saya begitu banyak takut karena saya telah kehilangan uang saya begitu bodoh sebelumnya. Tapi, saya terkejut bahwa kurang dari 3 jam setelah, pinjaman dari RP 700.000.000, saya diterapkan untuk benar-benar ditransfer ke rekening saya. Seluruh proses itu sederhana. dan pinjaman mendesak pada tingkat 2% aku cepat Tidak ada biaya. Tidak ada penjamin yang dibutuhkan dari saya. sampai sekarang, saya masih merasa sulit untuk percaya bahwa hal itu benar. Saya pikir saya sedang bermimpi ketika saya mendapat peringatan dari bank saya. Sekarang hati saya penuh dengan sukacita. Saran saya sederhana untuk semua orang yang mencari dorongan yang tulus untuk mendapatkan jumlah pinjaman yang sah untuk memulai bisnis atau untuk membiayai proyek adalah untuk email mereka sekarang dan Anda akan terkejut betapa saya terkejut. Saya ingin terutama terima Nuliana novi untuk memberikan kontak mereka di forum ini. Dan jika Anda memanggil mereka dan mendapatkan pinjaman dari mereka, silakan menyebarkan kabar baik sehingga orang lain juga dapat manfaat. terima kasih, email mereka lagi ^elinajohnson22@gmail.com
^, Nama saya Wahyuni ​​Elvin Hubungi saya, di sini adalah email saya wahyunielvin@gmail.com
 Catatan: semua scammers meminta biaya pendaftaran, hati-hati, semuanya adalah scam. mungkin Tuhan memberkati Anda semua
Terima kasih

Widya Okta said...

Saya adalah Widya Okta dari SURABAYA, saya ingin memberi kesaksian tentang karya bagus Tuhan dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan sebagian lain dari kata tersebut, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara.
Apakah mereka mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman yang curang di sini di internet, tapi mereka tetap asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 6-kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka.

Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan teman saya yang saya jelaskan situasi saya, kemudian mengenalkan saya ke perusahaan pinjaman yang andal yaitu SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya sebesar Rp900.000.000 dari SANDRAOVIALOANFIRM dengan tarif rendah 2% dalam 24 jam yang saya gunakan tanpa tekanan atau tekanan. Jika Anda membutuhkan pinjaman Anda dapat menghubungi dia melalui email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)

Jika Anda memerlukan bantuan dalam melakukan proses pinjaman, Anda juga bisa menghubungi saya melalui email: (widyaokta750@gmail.com) dan beberapa orang lain yang juga mendapatkan pinjaman mereka Mrs. Jelli Mira, email: (jellimira750@gmail.com). Yang saya lakukan adalah memastikan saya tidak pernah terpenuhi dalam pembayaran cicilan bulanan sesuai kesepakatan dengan perusahaan pinjaman.

Jadi saya memutuskan untuk membagikan karya bagus Tuhan melalui SANDRAOVIALOANFIRM, karena dia mengubah hidup saya dan keluarga saya. Itulah alasan Tuhan Yang Mahakuasa akan selalu memberkatinya.

Unknown said...

Saya adalah Ibu Nur Amalina, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka adalah banyak scammers dan pemberi pinjaman pinjaman palsu di internet. Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana Tuhan menolong saya dengan mengarahkan saya kepada pemberi pinjaman asli, setelah itu saya telah scammed oleh beberapa pemberi pinjaman di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang kemudian menyebut saya sebagai pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Mrs. Charity meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 750 juta rupiah Indonesia (Rp750.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan dan hanya dengan suku bunga 2% saja.

Saya sangat terkejut saat memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya ajarkan dikirim langsung ke akun saya tanpa penundaan. Karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, silakan hubungi dia melalui email: (charitywhitefinancialfirm@gmail.com) dan dengan rahmat Tuhan dia tidak akan mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda memenuhi persyaratannya.

Anda juga bisa menghubungi saya di email saya: (nuramalinasofiyani05@gmail.com) Akan melakukan yang terbaik untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening bulanan. Itulah alasan Tuhan Yang Mahakuasa akan selalu memberkatinya.

Anonymous said...

Halo ... nama saya Janice Albert dan saya sangat senang hari ini karena saya mendapatkan hipotek dari Man yang baik ini mengapa saya membagikan pesan ini kepada semua pencari hipotek di seluruh dunia. jika Anda membutuhkan hipotek dan telah disetel oleh bank dan perusahaan swasta dan bahkan scammers maka tidak perlu khawatir lagi dan hubungi perusahaan sah yang dimiliki oleh Man of good venture, hubungi mereka sekarang di johnloanfirm2@gmail.com

Unknown said...

Pemimpin sejati memiliki integritas. Integritas adalah inti pengaruhnya. Menjalani nilai-nilai yang mereka percayai adalah apa yang memberi mereka kredibilitas dan membiarkan orang lain menaruh kepercayaan mereka pada mereka
Ketika Anda membicarakan hal ini, Anda berbicara tentang SATU BILLION RISING FUND karena mereka membantu kehidupan saya
GMAIL :: onebillionrisingfund@gmail.com
Hubungi mereka dan ketahui kebenaran tentang pemberi pinjaman online

Anonymous said...

Saya sangat bersyukur kepada Ibu Iskandar Lestari karena telah memberi saya pinjaman sebesar Rp700.000.000,00 saya telah berhutang selama bertahun-tahun sehingga saya mencari pinjaman dengan sejarah kredit nol dan saya telah ke banyak rumah keuangan untuk meminta bantuan namun semua menolak saya karena rasio hutang saya yang tinggi dan sejarah kredit rendah yang saya cari di internet dan tidak pernah menyerah saya membaca dan belajar tentang ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM di salah satu blog saya menghubungi Mrs Iskandar Lestari konsultan kredit via email:(iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com) dengan keyakinan bahwa pinjaman saya diberikan pada awal tahun 2017 dan harapan datang lagi, kemudian saya menyadari bahwa tidak semua perusahaan pinjaman di blog benar-benar palsu karena semua hautang finansial saya telah diselesaikan, sekarang saya memiliki nilai yang sangat besar dan usaha bisnis yang patut ditiru, saya tidak dapat mempertahankan ini untuk diri saya jadi saya harus memulai dengan membagikan kesaksian perubahan hidup ini yang dapat Anda hubungi Ibu Iskandar via email: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)atau melalui dia BBM INVITE:{D8980E0B} facebook (www.facebook.com/iskandar.lesteri.7)
Website: (iskandarlestari.wordpress.com)
Whatsapp:{+33753893351}

aditya.aulia139@gmail.com said...

Assalamualaikum


Calls Only::::{+16264653418}
WhatsApp Only::::{+33753893351}
Email:::::::{{aditya.aulia139@gmail.com}}
{{iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}}
Blogger:::::{{iskandarlestariloans.blogspot.com.ng}}

Nama saya Aditya Aulia saya mengalami trauma keuangan karena saya ditipu dan ditipu oleh banyak perusahaan pinjaman online dan saya pikir tidak ada yang baik bisa keluar dari transaksi online tapi semua keraguan saya segera dibawa untuk beristirahat saat teman saya mengenalkan saya. untuk Ibu Iskandar pada awalnya saya pikir itu masih akan menjadi permainan bore yang sama saya harus memaksa diri untuk mengikuti semua proses karena mereka sampai pada kejutan terbesar saya setelah memenuhi semua persyaratan karena permintaan oleh proses saya bisa mendapatkan pinjaman sebesar 350jt di rekening Bank Central Asia (BCA) saya saat saya waspada di telepon saya, saya tidak pernah mempercayainya, agaknya saya bergegas ke Bank untuk memastikan bahwa memang benar ibu kontak sekarang mengalami terobosan pemanasan jantung dalam kehidupan finansial Anda melalui apakah itu BBM INVITE-nya: {D8980E0B} atau apakah kamu ingin mengkonfirmasi dari saya? Anda bisa menghubungi saya melalui surat saya: {aditya.aulia139@gmail.com} dan juga Anda bisa menghubungi perusahaan ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM via: {mail: iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}facebook (www.facebook.com/iskandar.lesteri.7)
Website: (iskandarlestari.wordpress.com)

Ahmed al-Tijani said...

يوم جيد

إن معرفة ما إذا كان الناس يساعدونك في الحياة سيجعلهم يرغبون في فعل المزيد
ولهذا السبب أنا هنا لأخبر عن حسن صندوق المليار المتزايد وكيف ساعدني مالياً لأنني كنت في حالة فوضى ولم تكن حياتي تستحق المغادرة بسبب كثرة الديون التي أدين بي بها وإطعام الأسرة كان تحد كبير

أنا مهندس الإطارات في سولاويزي إندونيسيا ، لقد كنت أدير هذا العمل لفترة طويلة حتى أتى المدين الخاص بي واستولت على أدوات العمل الخاصة بي بسبب عدم قدرتي على سداد الأموال المقترضة منها رغم أن الأموال التي اقترضتها كانت لفترة طويلة جدًا وبسبب العديد من الديون أنا لا أجتمع مع الجميع

في أحد الأيام ، شاهدت شهادة لمستفيد من شركة تقوم بإقراض أموال للناس وهذه هي المرة الأولى لي لاقتراض الأموال من المقرض عبر الإنترنت ، لذلك أخذت رسالة البريد الإلكتروني للشركة واتصلت بهم أوضحت لهم أنني قدمت معلوماتي كما طلبت الشركة. وتبعوا الإجراء الذي أعطوه لي

استغرقت هذه العملية يومين قبل أن أكون مؤهلاً للحصول على القرض ، وبعد ذلك قدمت لي الشركة قرضًا في اليوم التالي وكان الأمر بمثابة حلم لأنني لم أتوقع حدوث مثل هذا التغيير السريع في الحياة ولكني أتقدم بالشكر إلى الله ، حياتي والآن لا بد لي من سداد الديون لشركة واحدة فقط حيث تمت إزالة جميع ديوني إذا كنت بحاجة إلى مقرض قرض حقيقي وصادق ، يرجى الاتصال على gmail أدناه لأنها ستُعلمك بإقراض القرض
مليار زيادة صندوق
جوجل :: onebillionrisingfund@gmail.com

معلومات الإتصال بى
احمد التجاني
ahmedaltijani71@gmail.com

أتمنى لك يوما سعيدا

Ny. SISKA WIBOWO said...

Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur